Oleh: taofik muhammad | Juli 13, 2009

Galeri Foto Pantai Cianjur Selatan

Cianjur Selatan memiliki pesona pantai yang tidak kalah Indahnya dengan pantai-pantai lain di Indonesia. Namun sayang potensi pantai nan rupawan tersebut terbengkalai dan dibiarkan begitu saja sehingga tidak memberikan penghasilan bagi masyarakat sekitar. Dalam tulisan ini, saya akan memperlihatkan 3 pantai Cianjur Selatan. Biasanya, pantai ini banyak dikunjungi wisatawan saat lebaran tiba. Tapi, di hari-hari biasa sangat jarang sekali orang yang berkunjung ke pantai.

1. Pantai Sereg (Kec. Sindang Barang)

pantai sereg sindang barang, cianjur selatan

pantai sereg sindang barang, cianjur selatan

Pantai Sereg Sindang Barang

Pantai Sereg Sindang Barang

Pantai sereg Sindang Barang, Cianjur Selatan

Pantai sereg Sindang Barang, Cianjur Selatan

2. Pantai APRA, Sindang Barang

Pantai APRA Sindang Barang

Pantai APRA Sindang Barang

Pantai APRA Sindang Barang

Pantai APRA Sindang Barang

Sungai yang bermuara ke pantai APRA

Sungai yang bermuara ke pantai APRA

Bersambung….

About these ads

Responses

  1. sepertinya ombaknya lebih tenang daripada pantai2 selatan yang lainnya ya

    • Iya kang, pertama kali saya melihat pantai Jayanti dan Sereg juga berpendapat sama seperti akang

  2. seharusnya pemda jabar bener2 memberi perhatian penuh pada potensi daerah yg bagus seperti daerah pantai cianjur selatan,karena potensi wisata di sana sangat memungkinkan menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. tak luput dari pembangunan jalan alternative yg menghubungkan daerah tersebut di buat secara khusus.

    • Setuju kang, ada beberapa jalan yang layak untuk dikembangkan yaitu jalur bandung-ciwidey-cikadu-sindang barang, atau bandung-ciwidey-naringgul-cidaun. Tapi tidak kunjung juga dibangun.

  3. bener juga kang, terakhir saya lewat ciwidey – naringgul jln banyaka yang rusak, banyak longsor, jalan jadi licin. padahal jalur ciwidey naringgul jalur wisata alternatif untuk ke pantai jayanti . pantai apra

  4. Pemda Cianjur emang Payah!!!

    • Setuju.

      • iya pemda jabar payah……….

  5. satuju kang, pamarentah cianjur mah molor wae..pembangunan cianjur kidul ka popohokeun komo ka kecamatan leles tah make aya proyek percobaan…jalan diaspal make taneuh..asa kakarek ngadenge teuing masrakat ano bodo atawa pamarentah no goblog..abdi 25 tahun hirup di leles na da teu katinggali parobahan nu mendasar ari lain kacamatan jadi mekar mah..ahh lieur aing mah..

    • haha,,,bener kang kakark bdi make diaspal ku taneuh….bener kang ieu teh ?hehe,,namanya lain di aspal atuh tapi “ditanah”,,tah ,,—-pamarentahna jigana kang nu bareuki teuing aspal kang..haha..

      salam kenal…
      komentar menarik,aktual,lugas,jujur..salut…
      membuat otak saya menyala….

      salu kang Iweng…salam

  6. pemerintah cianjur mah kurang perhatian….

  7. Saya berpendapat kalo wilayah cianjur selatan, terutama jalur yang terlalui dari ciwidey – cidaun mulai dari desa balegede sampai cidaun diitegrasikan saja ke wilayah kab bandung.
    Sangat sayang sekali potensi wisata alam nan elok pada jalur Ciwidey (selepas situ patengang) sampai pantai jayanti Cidaun belum tergarap secara optimal. Diantara para pembaca mungkin ada yg belum pernah mencoba jalur tersebut, selepas Tanjakan sarebu (wil Kab Bandung), kita akan menuruni jalan yang menurun sampai masuk ke wil kab cianjur. Banyak panorama alam yang masih segar untuk dipandang, seperti ada beberrapa air terjun kembar, sungai cipandak yang masih jernih airnya, jika dilihat dari jalan (diatas ketinggian) sungguh indah untuk menatapinya.
    Secara geografis keberadaan wilayah cianjur selatan (Kec.Cikadu,Padasuka,Cidaun dan Sindang barang) lebih dekat kewilayan kab Bandung.
    Banyak masyarakat di wilayah cianjur selatan (Balegede, Naringgul, Cidaun, Sd barang, Cikadu, Padasuka, Kolaberes, Kalapanunggal dsk) lebih sering berinteraksi ke wilayah kab bandung (Ciwidey, Soreang) untuk memasarkan hasil buminya dan untuk melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi lagi.
    Untuk para birokkrat di kab cianjur mestinya harus legowo, bila wacana ini suatu saat dapat terealisasi. Mengingat konsep pembangunan tidak hanya dilakukan secara sektoral saja, namun harus lebih mencerminkan visibilitas kedepan.

    Sekian.

    • mengenai wilayah admisnistrasi kemana saja,tujuan utamanya supaya pembangunan merata adil dan rakyat sejahtera…

      ke bandung,ke garut,ke sukabumi…yang penting sejahtera adil dan merata….

      slam sobat..

  8. aku punya bibi kerjanya di fitnes first cibubur tapi tempat tinggal aslinya di sindang barang, Cianjur. Rumahnya tuh dekat banget dengan pantai sindang barang tersebut,padahal aku juga belum tahu sich, tapi katanya indah banget and sejuk.Dan aku lihat gambarnya bagus banget tapi kurang terekspose media untuk dijadikan pusat pariwisata.Ok…………….

    • dekatnya, di daerah pesisirnya atau masih di sekitar alun2 mba, soalnya saya juga dekat sekali dengan pesisiryna “apra” kalau orang situ bilangnya. kemarin terakhir k st pas ada gempa alhamdulillah dkt pesisir ga terlalu parah, justru di sekitar alun2 sdb lebih parah

  9. Sebetulnya Politik juga…., kalau jalan ka kidul mulai ti pasir hayam alus nepi ka cidaun… urang pemda sieun…..masyarakatna ngenta misah ti kab cjr…

    makana euweuh / tara aya anggaran ker ngamuluskeun jalan ka kidul.

    mun jalan alus cipanas bisa eleh ku kidul…., komo mjun jlan anu ti kab bdg alus….

    • Good Opinion kang… Pami misalna hal eta leres, eta artina moal mungkin dugi ka iraha oge Jalan ka Cianjur Selatan sae.. Terus, pami kitu kanggo naon urang masih lebet ka Kabupaten Cianjur? kan langkung sae pami urang ayeuna keneh pisah ti Cianjur, toh pami ngagabung oge bakalan teras-terasan moal di perhatoskeun.
      Leres teu kang??

      • satuju jang Opik…sok anak muda maju…

        akang geus pondok lengkah yeuh..ngadukung..kalau memang itu jalan terbaik.

  10. wah wah skarang lmayan jg perjalanan Bandung Sindang Barang jalan udah bagus,jarak tempuh bisa diminimaliskan Empat jam melalui Sd Barang-Cidaun-Naringgul-Bale gede-Ciwidey-Bandung.tinggal skarang pemerintah kab Cianjur untuk lebih memperhatikan lg kondisi jalan yg cepat hancur,apalagi musim hujan yg mulai mengguyur daerah pakidulan,satuju tidak ?…

  11. hidup lah pariwisata pantai pakidulan,irahanya daerah pakidulan (Cianjuir Selatan) boga pantai siga Pangandaran,tp mun sigana pemerintah,masyarakat,anu aya di pakidulan merhatikeun trus ngawangun babarengan mah sigana bisa,okay….

  12. saya asli urang desa pamoyanan kec.cibinong cianjur selatan.ayena aya ker di perantauan,taun kali kadang balik kadang hente.anu jadi kendalana ongkos meni mahal pisan ti kota cianjur.Rp 50.000-60.000 leuheung lamun jalana alus,iyeumah da ancur pisan eweuh piliheun pisan,lmun kahujanan sigah sawah meunang maculan nyakitu deui lamun halodo sigah walungan saat.saya kecewa ka pemkab cianjur,janji tinggal janji.ceunah ayeuna geus menguat deui wacana meukar jeung cianjur.
    hayu husus warga cianjur selatan urang dukung,wacana pamekaran eta.mudah-mudahan ari geus misahmah,warga cianjur kidul sejahtra amin…….

  13. saya wandi juliandi umur saya 19th kp,bojongkoneng desa,girimukti kec,sindangbarang kab,cianjurselatan dari semua komentar yg ada di atas saya setuju bant….. emang pemerintah cianjur enggak memikirkan cianjur selatan malah mau di rusak, pasir pantay di jual pada prusahaan, jangji bikin dermaga enggak jadi.
    emang hampir semua pejabat lupa janji……..
    maka dari itu buat generasi muda sekarng belajar lah dengan baik jauhilah yang buruk….ok……..???

  14. asw,,kang taufik,,abdi niat pelesir ka cianjur selatan minggu ieu,,tiasa masihan CP penginapan di sekitar sindang barang + cidaun,,sareng nyungkeun info nu update kondisi jalan ti ciwidey-balegede-cidaun-sindangbarang kumaha kaayaana+waktu tempuh kana mobil,,nuhun pisan sateuacana

  15. keindahan pantai cianjur memang sudah saya rasakan sejak tahun 1994 pertama kali saya kesana, alami pada saat itu yang bisa saya katakan, baru melihat saya di jawa barat ada pantai seindah parang teritis, sebanyak 7 kali saya pernah kesana, tapi sayang sekitar tahun 2000 an pantai dijadikan ajang motocross.. sayang yang bisa saya ucapkan….

  16. Assalamualaikum…

    berbagai komentar di Blog ini saya copast dan saya publikasi kembali di Group FB ~Gerbang Cianjur Selatan~

    hal ini sebagai pemberitahuan sekaligus izin kepada semua pihak yg berkaitan di artikel Blog ini…
    Siapa saja yang ingin mendapatkan informasi maupun berbagi informasi tentang Cianjur Selatan, SELAMAT DATANG….di http://www.facebook.com/group.php?gid=276099836173#/group.php?gid=276099836173&ref=mf

    Sarana Informasi dan Silaturahmi warga Cianjur Selatan dalam meningkatkan taraf hidup, teknologi serta sumber daya alam dan manusia nya.
    yuk gabung demi kemajuan kampung halaman kita…
    Wassalam.

  17. Pokokna uing hayang ulin k cianjur … uing bogoh cainjur euy …

    • Hayu atuh kang gera ameng ka palih kidul.

  18. ass. abdi asli ti cianjur… abdi kamari kengeng SK di pemkab cianjur. abdi kabagean di puskesmas Naringgul.. puten pisan abdi hoyong apal gambaran keadaan di naringgul. soalna abdi teu acan pernah ka kidul. upami perjalanan di cianjur kota ka naringgul via ciwedey sabaraha jam nyak??? nyungken info na. hatur nuhun staeu acana..

  19. kalau pemerintah serius untuk membangun pariwisata cianjur selatan, benahi fasilitas infrastruktur nya dulu, jeung deui eureukeun nu ngala keusik teh…….sok lah bangun. kuring asli rahayat sindangbarang

    • sok atuh sindang barang teh gera bangun supados maju

  20. kang satuju pisan upami kec. cidaun misahkeun diri ti cianjur ngahiji ka bandung ambeh kaurus budi daya alam sareung pantai na..anu sakitu seurna tempat wisata anu bisa di kembangkeun supada SDM urang pakidulan ..meningkat…!hayu urang kembang daerah pakidulan ..

  21. Numpang tanya, Mas…
    Kalau dari Ciwidey ke Cidaun, rekomendasinya lewat rute Cikadu atau Naringgul ya?
    Terima kasih :)

    • Kalau mau ke cidaun rekomendasinya lewat Naringgul kang. Kalau ke Sindang Barang, baiknya lewat Cikadu.

  22. saya pernah ke APRA, dan menginap dsana selama 3 hari

  23. tah ieu nembe pantai kenangan abdi waktos di kampung…………………waas nu te aya duana………….hidup basisir Apra sareng sereg nu teu aya duana……

  24. mau tanya kang klo mau wisata ke daerah cianjur selatan jalannya bisa di lalui bus besar gak ya ? soalnya belum pernah wisata kesana, tq

    • Untuk jalur Cianjur Kota – Cianjur Selatan, saat ini tidak bisa dilalui bus besar. Karena kondisi jalan yang kecil. Lebih baik gunakan bus sedang aja.

  25. saya pernah ke pantay jayanti… pantay nya bagus bangt.. tp knapa pemerintah gk tepati janji nya.. saya sbagay orang cianjur malu mempunyai bupati sperti bupati sekarang.. cuman janji doang…

  26. Kang…di Jayanti aya penginepan…mun terang aya no kontekna…. mun enteu kira2 sabaraha nya ?

    • Aya kang, pmi hrga srng kontak na mah kirang trang

  27. bagi and yang ingin menikmati suasana alam cianjur selatan, kalau kemalaman anda bisa menginap di penginapan / cafe laela sani, tempatnya nyaman, pemandanganya indah, fasilitas lengkap, bahkan ada billiards nya juga. and bisa lihat di facebook: laellasani@yahoo.co.id

    • Mantaf.. hatur nuhun info na..

  28. Ass… saudaraku, pantai cianjur selatan lumayan indah,cuman sayang,g di perhatiin oleh pemerintah kbupaten,.

  29. assalamualaikum.
    kang saya mau tanya, klo mau ke sana, dari cianjur kota, rutenya gimana? naik kendaraan umum apa aja? saya ada rerncana pengembaraan. terima kasih.

    • Dari cianjur (teminal pasir hayam) langsung aja naik elf jurusan cianjur-cidaun. Untuk akomodasi, di Cidaun juga ada hotel.

  30. Sampurasun kang..ngiring nimrung ah, abdi kawit ti Agrabinta, kantos ka pantey karangpotong kapungkur nj sakola, memang pantey di pakidulan teh endah pisan tapi teu acan aya ti pajabat pariwisata nu “ngeh” ngamaksimalkeun potensi wisata daerah, ieu mah nu caket ti kota kabupen lah situs megalitikum di gunung padang Campaka, menurut ahli sejarah cenah terbesar di Asia , tapi ti Pamarentah teu patos kakuping tah situs teh di jadikeun aset wisata/nasional, urang cianjur nyalira seueur nu can terang. Maju terus pariwisata Pantai selatan.

  31. indah itu dulu tapi sekarang udah rusak karena ada penambangan pasir besi oleh orang2 yang tak bertanggung jawab

  32. wwaahh pantai sereg, 10 th yang lalu saya pernah kesana…saannnggaatt innddaahhh

  33. sekarang udah banyak tambang pasir, sampai kali ci sadeanya di embat juga, dulu di perjalannan kesana banyak banget binatang binatang sekarang pada ilang, tapi walau gimana pun saya sebagai titisan sana, saya kangen ama cianjur selatan, sukses deh buat cianjurnye, salam kasadayana terutama yang suka mandi di ci sadea

  34. Hatur nuhun …tos lami hoyong terang sagalarupi tentang Cianjur Selatan ieu …Wilujeung


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 249 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: