Oleh: taofik muhammad | April 13, 2009

Jalan tanah tersebut kini telah berbatu

jalan cidomba

gotong royong membuat jalan

Becek setiap kali hujan, sepatu kotor karena terkena tanah yang terus menempel di bawah sepatu. Tak jarang, anak-anak yang pergi bersekolah harus melepas sepatunya atau bahkan tidak bersepatu ketika pergi kesekolah. Setiba disekolah, lantai sekolah dipenuhi dengan lumpur yang dibawa oleh pada murid. Itu lah cerita dari kampung Cidomba Desa Padaluyu Kecamatan Cikadu.

Namun sekarang, hal tersebut tidak terjadi lagi. Kini anak-anak bisa bersekolah di saat musim penghujan tiba dengan tenang. Tak ada lagi cerita untuk membersihkan sepatu dari tanah-tanah yang menempel sebelum masuk ke ruangan kelas. Tidak ditemukan pula jalan yang becek, dan menyusahkan para pengendara motor yang sering terjatuh karena jalan yang licin.

Semua kisah ke-becek-kan berakhir ketika pemerintah mengeluarkan program PPK, atau Panitia Pengembangan Kecamatan (PNPM Mandiri). Masing-masing kecamatan diseluruh Indonesia diberi dana yang cukup besar untuk digunakan oleh masyarakat. Masyarakat ditugaskan untuk merundingkan hal apa yang paling mendesak untuk segera dibuat atau dikembangkan, lalu dengan dana pemberian pemerintah tersebut, masyarakat bisa meng-inplementasikannya.

Sebetulnya dananya tidaklah cukup besar. Masing-masing desa hanya diberi sekitar 80-jutaan, itupun belum termasuk uang-uang yang bocor dijalan. Untuk dana penunjang, masyarakat diharuskan untuk patungan. Hal tersebut memang sudah menjadi aturan dan semanga dari PNPM mandiri. Namanya juga mandiri, ya rakyat harus mengumpulkan dana sendiri, dan Pemerintah akan memberikan dana tambahannya.

PPK di Kampung Cidomba terbilang cukup sukses. Terlihat dari kesediaannya masyarakat untuk bergotong-royong mengolah uang menjadi sesuatu yang berarti bagi orang banyak. Dalam hal ini, sesuatu yang berarti bagi masyarakat Kampung Cidomba adalah akses jalan. Jalan tersebut menghubungkan Jalan kecamatan Cikadu (pinggir lapangan bola Cidomba) dengan sebuah masjid Jami di RT Cidahu. Masjid tersebut merupakan mesjid yang sering digunakan untuk kegiatan Sholat Jum’at. Sehingga sangat penting kiranya untuk diperbaiki.

Mudah-mudahan proyek pemerintah seperti ini terus berlanjut. Siapapun yang memimpin Indonesia dimasa datang, mudah-mudahan terus membuka program-program yang pro rakyat sepert PPK ini.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: