Oleh: taofik muhammad | April 13, 2009

Pantai APRA harus dikembangkan jadi tempat wisata

Sore hari, sekitar habil zuhur, saya dan keluarga pergi ke pantai APRA. Sebetulnya ini bukan pertamakalinya bagi saya untuk pergi ke pantai tersebut. Anda bisa lihat postingan kekecewaan saya terhadap pantai APRA disini. Terus terang, saya merasa sangat sedih ketika melihat pantai yang begitu indanya harus terbengkalai. Padahal, ini adalah pemberian Allah yang Maha Agung. Kita semua telah menyia-nyiakan pantai Apra. Tengoklah sejenak pantai tersebut. Apakah anda berada di wilayah Cianjur? Cobalah sekali-sekali anda berkunjung ke pantai Apra. Sangat memprihatinkan.

Walaupun masih minim sentuhan penataan, panorama pantai ini tidak kalah dengan objek wisata pantai lainnya di Jabar yang sudah terkenal. Malahan boleh jadi lebih menarik karena keaslian suasana pantainya masih belum tercemar. Suasananya pun masih relatif alami, tidak “sumpek” dengan lalu lalang orang

Kata-kata diatast saya kutip dari harian pikiran rakyat online. Itu menandakan, bukan hanya saya yang merasa Apra begitu indah. Banyak orang

Pertanyaan selanjutnya adalah, lalu kenapa pemerintah tidak bisa mengolah pantai Apra?Kenapa pemkab Cianjur tidak mau meronggah koceknya untuk mengembangkan Apra? Berbagai kemajuan besar pasti akan didapat, jika Pemerintah Bersedia untuk memajukan Apra. Dan keuntungan tersebut pada akhirnya kan kembali pada kas pemerintah. Yang diperlukan oleh pemerintah adalah mengeluarkan uang untuk investasi Apra di masa depan, atau jika pemerintah tidak mampu, coba mencari Investor yang bersedia mengembangkan Apra. Ini sangat penting, karena Apra merupakan sebuah aset, aset penghasil pundi-pundi rupiah bagi rakyat dan pemerintah. Lalu, apalagi yang harus ditunggu?

Keuntungan jika apra dikembangkan

Berikut ini adalah keuntungan seminimal-minimalnya jika Apra dikembangkan jadi tempat wisata

  1. Meningkatkan ekonomi rakyat. jelas hal itu pasti akan berlaku jika seandainya Apra dijadikan tempat wisata. Semakin banyak orang yang mendatangi suatu tempat tertentu, maka semakin besar pula peluang bagi masyarakat disekitar tempat tersebut untuk membuka usaha. Contohnya: usaha tambal ban, warung nasi, jualan pernak-pernik, dll.
  2. Meningkatkan urbanisasi. Jika apra telah ramai dikunjungi para turis, maka akan banyak pula orang-orang dari luar kota untuk tinggal di Sindang Barang. Dengan makin banyaknya penduduk, otomatis akan semakin banyak pula fasilitas-fasilitas umum yang akan bermunculan, contohnya saja rumah sakit.
  3. Perbaikan infrastruktur, Harus…!! Bagaimana tidak, jika seandainya Apra telah maju mana mungkin jalan ke Cianjur Selatan bisa rusak? jika masih rusak, berarti ada apa-apa di pemerintah.
  4. Rasa bangga terhadap cianjur selatan, Pasti dan tidak perlu dijelaskan.
  5. Mendatangkan investor, Investor di bidang lain (selain pariwisata) akan berdatangan.
  6. Cianjur selatan akan keluar dari keterpurukan.

Diatas adalah hal minimal yang akan didapat dari kehadiran pantai Apra sebagai tempat Wisata. Lalu apalagi yang harus kita tunggu? Apakah pemerintah terlalu lama dalam bertindak?? tunggu postingan saya selanjutnya, dan saya akan memberikan step by step untuk membangun Cianjur Selatan tampa harus menunggu dana dari Pemerintah. Terimakasih telah mengunjungi blog saya,

Salam,

Taofik Muhammad (Pendidikan Ilmu Komputer UPI’06)


Responses

  1. Sama yg di tulis oleh saudara Taofik,emang pembangunan Pariwisata yg ada Cianjur,Khususnya Cianjur selatan,masih jauh dari objek wisata yang lain yg ada di profinsi Jawa Barat,ga tau pemerintah kab Cianjur,atau Provinsi,yg ga mampu untuk membiayai pembangunan khususnya Cianjur Selatan,
    saya sebagai Masyarakat yg ada Cianjur Selatan,merasa ga merata nya pembangunan di Cianjur…

  2. Kalo dihitung diatas kertas itua memang mudah, jika memang pemerintah berniat mengembangkan sektor wisata pantai, itu harus di mulai dari infrastruktur dan transportasi dulu, karena meskipun sarana di tempat wisata memadai tpi jalur masuk ke tempat tersebut masih berantakan saya kira pengunjung merasa enggan untuk datang. jadi benahi dulu infrastruktur baru masuk sektor wisata.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: