Oleh: taofik muhammad | April 30, 2009

Jalan ke ATP rusak parah

Agro Techno Park (ATP) Koleberes dari Kantor Camat Cikadu, oleh: Taofik Muhammad

Agro Techno Park (ATP) Koleberes dari Kantor Camat Cikadu, oleh: Taofik Muhammad

Agro Teknologi Terpadu atau lebih dikenal dengan Agro Techno Park (ATP) didirikan pada tahun 2002 atas prakarsa Achsin U. Choliq dengan Menneg Ristek Ir. Hatta Rajasa. Program ATP sendiri dicanangkan guna meningkatkan perekonomian di masyarakat pedesaan. ATP merupakan konsep pertanian terpadu yang mampu memaksimalkan seluruh potensi pertanian dengan menerapkan teknologi siap guna.

ATP bukan hanya ada di Cianjur, tetapi tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Dipilihnya ATP Koleberes karena lokasinya cocok untuk mengembangkan berbagai jenis komoditas pertanian, sehingga dapat meningkatkan derajat hidup masyarakat, terutama masyarakat transmigrasi lokal di Koleberes yang selama ini terhambat oleh keterbatasan dana. Seperti yang saya kutip dari cianjurkab.go.id.

Bukan perkara yang mudah bagi anda jika ingin meninjau ATP yang ada di Cikadu. Jika anda berada di Cianjur Utara, Bogor, atau Jakarta anda harus terlebih dahulu menelusuri jalanan Cianjur Selatan yang berkelok-kelok dengan panorama yang indah namun sayang, banyak ruas jalan yang bolong-bolong, tapi santai aja, karena jalannya cukup besar untuk sekedar mobil pribadi. Setelah anda sampai di wilayah Muara Cikadu tepatnya di Kecamatan Sindang Barang, anda harus lebih berhati-hati. Dari pertigaan ke Cikadu, tepatnya di sebuah pangkalan ojek, anda harus menuju sebuah jalan kecil dengan kondisi menanjak. Nama tanjakannya sih tanjakan “Kerkam”, tanya aja ke orang-orang.

Kondisi jalan masih oke sampai tanjakan itu selesai. Setelah sampai di ujung tanjakan, anda masih bisa menikmati jalan yang terbilang mulus untuk kelas Kecamatan Cikadu. Berselang sekitar 2 km kedepan, jalanan berlubang, berbatu dengan kerusakan cukup parah akan anda temukan. Jalan rusak tersebut nyaris tanpa akhir sampai ke lokasi ATP. Hanya ada beberapa Kilometer jalan yang masih terbilang baik, jalan tersebut berada di desa padaluyu dan sukaluyu. Itupun karena jalanan baru di aspal pada tahun 2007-2008, dan saya sangat yakin tahun 2010 sudah tidak bersisa tuh jalan. Soalnya kualitas jalanan aspalnya terendah, dan nyaris tanpa perbaikan.

Pada 8 OKTOBER 2008, Menristek Kusmayanto Kadiman meninjau lokasi ATP di Kecamatan Cikadu. Pertama, saya pikir beliau akan datang dengan Helikopter, tapi ternyata tidak. Menristek menggunakan Jalan yang rusak tersebut untuk menuju ATP. Apa gak pegel tuh ya??

Pertama saya tahu Menristek akan pergi ke Koleberes, saya dan masyarakat disana sempat berpikir, “wah, kalau mentri sudah kesini, pasti jalannya diperbaiki”, tapi ternyata itu pikiran bodoh semata. Sampai sekarang belum pernah ada tuh perbaikan jalan.

Ceuk Pak Mentri teh meureun “Emang nu ngurus jalan aing!!!, pan aing mah MENRISTEK”.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: