Oleh: taofik muhammad | November 25, 2009

4 hal, yang benar-benar dibutuhkan Cianjur Selatan saat ini

Cianjur Selatan sama seperti daerah lainnya yang membutuhkan perhatian dari pemerintah daerahnya

1. Akses Jalan

 

Jalan Cianjur Selatan

Jalan Cianjur Selatan

 

 

Jalan merupakan urat nadi perekonomian. Satu hal yang mustahil bagi sebuah daerah untuk bisa maju dan sejahtera jika ke daerah tersebut tidak ada akses jalan yang memadai. Mungkin sebagian orang akan beranggapan ruas jalan dari Cianjur ke Cianjur Selatan cukup memadai. Ya, setidaknya untuk mengangkut hasil bumi baik berupa padi, teh, atau palawija lainnya. Tapi, apakah jalan tersebut memadai untuk urusan pariwisata? Saya yakin, 90% orang Cianjur Selatan akan ragu ruas jalan satu-satu andalah mereka mampu dilewati oleh bus. Perlu anda ketahui, jangankan sebuah Bus sebuah mini bus pun sangat susah payah untuk masuk ke Cianjur Selatan. Hal tersebut disebabkan oleh sempitnya badan jalan.

Pernah suatu hari, teman-teman sekelas saya di kuliah ingin melakukan perjalanan wisata. Salah satu tempat pilihannya adalah Jayanti. Terus terang saya dalam keadaan yang sangat membingungkan. Disisi lain, saya selaku putra Cianjur Selatan ingin sekali memperkenalkan daerah Cianjur Selatan ke mereka. Tapi, disisi yang lainnya lagi ada keraguan, mampu kah bus masuk ke Cianjur Selatan?

2. Listrik

 

Cianjur Selatan butuh ini

Cianjur Selatan butuh ini

 

 

Rumah, industri, toko, UKM butuh yang namanya listrik. Bisakah suatu daerah keluar dari ketertinggalan dengan tanpa bantuan listrik?Aliran listrik ke Cianjur Selatan merupakan satu dari sekian aliran listrik yang terpayah di Pulau Jawa. Jika orang jakarta di bingungkan dengan matinya listrik 5 jam per hari selama beberapa minggu terakhir, maka orang Cianjur selatan akan merasa heran bila listrik tidak mati dalam satu hari. Penomena pemadaman listrik merupakan hal yang biasa bagi masyarakat Cianjur Selatan. Matinya aliran listrik bisa berlangsung cukup lama tiap harinya, terutama ketika cuaca lagi hujan.

Jangan harap akan ada investor-investor yang mau membuat pabrik di Cianjur Selatan selama listrik di Cianjur Selatan byar-pyet terus.

3. Alat Transportasi

 

Mau maju? harus ada ini dong

Mau maju? harus ada ini dong

 

 

Mungkin anda pernah melakukan perjalan ke beberapa tempat di selatan Jabar selain ke Cianjur Selatan. Disana anda pasti dengan mudah bisa menemukan sarana transportasi yang cukup nyaman untuk digunakan. Sebut saja pameungpeuk. Untuk urusan transportasi pameungpeuk sudah memiliki sarana yang cukup nyaman. Untuk mengakses daerah pameungpeuk kita bisa menggunakan bus kecil yang dilengkapi dengan AC, dan asik-nya bus tersebut tidak hanya datang dari Garut, tapi ada juga yang langsung dari Bandung. Lalu bagaimana dengan Cianjur Selatan? jangan harap anda akan menemukan bus ber-AC. Bus biasapun tidak ada yang sampai ke Sindang Barang/Ciadaun. Paling ada cuman sampe ke Sukanagara, Warung Awi, dan Kadupandak. [lihat postingan saya sebelumnya]

4. Reboisasi

 

pembangunan, tidak berarti harus merusak hutan

pembangunan, tidak berarti harus merusak hutan

 

 

Meskipun Cianjur Selatan terbilang kampung, tapi ternyata kita benar-benar sudah tidak ramah pada alam. Banyak sekali hutan-hutan yang sudah kita tebangi tanpa mau ditanami lagi. Efeknya adalah kita selalu kekeringan ketika di musim kemarau, dan longsor ketika di musim hujan. Hal tersebut sudah tidak bisa dibiarkan lagi, penggundulan hutan di Cianjur Selatan harus segera di hentikan.


Responses

  1. muhun leres pisan kang… peryogi upaya anu holistik kanggo ngaguar potensi daerah urang teh…. kanggo urang anu dugika ayeuna teuacan tiasa berbuat banyak… keep posting we… mudah2an hiji waktos aya anu merhatosleun…

  2. Semangat!!
    Sudah tahu pemerintah hanya bisanya umbar janji apalagi pada saat musim kampanye, kini generasi muda seperti kita lah yang seharusnya berdikari membangun dan memperbaiki secara swadaya dan mandiri
    sukur2 ya pada akhirnya salah satu usaha ini mendaapat tanggapan dari pemerintah
    kalau pun tidak, KEBANGETAAAAAAAN!!

    saya dukung sepenuhnya! sekalian saya ijin copast ya artikel dan foto2 nya

    makasih….

  3. Ada lagi yang dibutuhkan di Cianjur Selatan, Yaitu Segera BErantas Premanisme di Segala Sektor.

    Begitu juga kelompok orang yang dimanfaatkan oleh Segelintir Juragan yang justru ingin kondisi seperti inilah yang menjadi Status Quo mereka

  4. Assalamualaikum…

    kembali berkunjung nih…

    Siapa saja yang ingin mendapatkan informasi maupun berbagi informasi tentang Cianjur Selatan, SELAMAT DATANG….di http://www.facebook.com/group.php?gid=276099836173#/group.php?gid=276099836173&ref=mf

    Sarana Informasi dan Silaturahmi warga Cianjur Selatan dalam meningkatkan taraf hidup, teknologi serta sumber daya alam dan manusia nya.
    yuk gabung demi kemajuan kampung halaman kita…
    Wassalam.

  5. maju bersama cianjur selatan

  6. mari kita lestarikan daerah cianjur selatan dengan alam serta pantai jayanti yang masih murni..1sehingga jadi daerah wiata…

  7. Menurut saya cianjur selatan itu kaya tapi tergantung juga pada SDM yang mengelolanya. Ayo tingkatkankan potensi daerah masing-masing… OK. CIANJUR SELATAN PASTI BISA apalagi didukung oleh masyarakat dan kalangan pelajarnya
    BISA….!!!

  8. pertama kali ke cianjur selatan, …………….jauuuhhh banget. lamaaaa banget, tapi memang jodoh tidak jauh kemana, akhirnya dapat orang cianjur selatan. Trus apa komentar rombongan penganten : puass perjalanannya, kapok balik lagi, sudah jalannya hancur, muter2, plus kena longsoran….capee deh, Tiap taon selalu ke cianjur selatan kirain jalan di perbaiki, ternyata sama aja. kalo terus begitu lebih baik gak gak ikut pilkada, percumaaa… nunggu lebaran monyet baru diperbaiki, pejabatnya pada buta dan budeg

  9. sangat² setubuh… eh sutuju…
    situasi cianjur selatan ga beda dengan situasi perang… situasi anak tiri…
    saya saja menyesal buka usaha di cianjur selatan… jalanan hancur… pasokan listrik jauh dibawah kata cukup….
    ibarat kata pak sukarno… maju jadi arang mundur jadi abu…

  10. mantaap pisan la


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: