Oleh: taofik muhammad | Mei 21, 2010

harapan baru pada bupati baru?

Masa bakti bupati Cianjur saat ini akan segera berakhir pada tahun 2011. Saya hanya bisa mengucapkan banyak terimakasih kepada bupati Cianjur yang sekarang (Drs. H. Tjetjep Muchtar Soleh, MM) atas pengabdian nya kepada Cianjur. Saya tidak tahu apakah bapak akan kembali memimpin atau tidak. Namun satu hal yang saya tahu, bahwa masih banyak masyarakat khususnya masyarakat Cianjur Selatan yang merasa kecewa terhadap masa kepemimpinan bapak. Banyak janji yang telah diucapkan namun tidak ditepati. Contoh yang paling nyata adalah tentang janji bapak yang mengatakan bahwa jalanan di Cianjur akan ‘herang’ atau mulus. Namun pada kenyataannya jalanan di Cianjur malah makin parah. Jangankan di Cianjur Selatan yang jauh dari pemantauan bapak, Jalan antara Cianjur kota ke Cibeber pun masih saja tidak semulus yang diharapkan. Apalagi daerah-daerah di Cianjur selatan. Silahkan anda masuk ke kecamatan-kecamatan di Cianjur Selatan yang tidak dilalui oleh jalan provinsi (Cianjur-Cidaun), kondisi jalan nya sudah sangat mengenaskan.

Jalan rusak - dari group CIKADU FACEBOOKERS

Jalan rusak - dari group CIKADU FACEBOOKERS

Saya tahu bahwa fokus dari belanja daerah tidak hanya untuk Jalan semata, namun untuk berbagai bidang lainnya seperti pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya. Saya juga paham bahwa pendapatan sangatlah minim, namun yang tidak saya paham kenapa Pemerintah Kabupaten tidak melakukan inovasi yang banyak untuk bisa meningkatkan pendapatan daerah. Salah satu inovasi yang sangat terabaikan adalah sektor pariwisata. Berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah tahun 2009 jumlah wisatawan yang datang ke Cianjur (Jangari, Pantai Jayanti, Cibodas, dan Cikundul) tercatat sebanyak 409.646. Jumlah tersebut sebagian besar berada untuk daerah Cianjur utara seperti jangari dan Cibodas yang biasanya ramai ketika malam minggu. Sedangkan untuk pantai Jayanti sangat minim pengunjung, dan hanya ramai ketika lebaran saja. Pantai Jayanti perlu perhatian lebih dari bupati Cianjur agar mampu menjadi tujuan wisata unggulan untuk Cianjur.

Berdasarkan pada uraian diatas, sangat diharapkan bupati yang Cianjur masa depan setidaknya harus mampu hal-hal sebagai berikut:

  1. Membangun dan memperbaiki infrastruktur jalan Cianjur khususnya Cianjur Selatan.
  2. Mencari investor lokal yang bisa menanamkan modalnya di Cianjur selatan pada bidang pariwisata.

Ingatlah bahwa saingan hidup semakin ketat. Trans Jabar Selatan memang merupakan sebuah potensi yang besar untuk Cianjur Selatan. Tapi jangan lupa juga, bahwa selain ada potensi akan ada juga saingan. Jika Cianjur terlambat membangun Fasilitas pariwisata, maka wisatawan akan lebih banyak berdatangan ke Kabupaten tetangga kita.


Responses

  1. Semangat pik, semoga cianjur selatan menjadi salah satu kawasan objek wisata yang diminati. Salah satunya dengan perbaikan atau pengadaan infrastruktur yang mendukung.

    • yap…setuju obyek wisata cianjur bukan cipanas saja masih banyak kearah selatan ga kalah indah hayu urang gali …LAJUTKAN…

  2. bener kang,,, setuju vsund tah… sektor pariwisata sangat potensial untuk d kembangkan…
    menurut saya tinggal melanjutkan saja yang sudah ada saja.. kalo akses dari Cianjur-Jayanti terlalu jauh… coba dari jalur Ciwidey-Jayanti Lebih dekat kayanya… Lagian kan Ciwidey juga penuh dengan Objek wisata yang banyak di lalui bus…
    dari Ciwidey… LANJUTKAN !!!! ke jayanti!!!
    Beres !!! Jalana we perlebar dan perbagus!!!!
    Trans Jabar Selatan dari dulu juga hanya hayalan..
    dari tahun 80-an teu jadi-jadi ah…. WACANA we terus….

  3. siapapun bupati cianjur yang baru,mesti yang dapat dengan tulus membangun cianjur dengan merata dan menyeluruh…kapan jalan ke leles mau di perbaiki?karena bukan jalan ke cikadu aja yang memprihatinkan LELES juga…

  4. saya dari warga cianjur selatan cibinong desa suka mekar saya baru pertama kali kirim komentar siapa pun yg jadi bupati baru,dengan hormat apakah boleh saya bertanya?tidak jadi masalah,kapan akan memperbaiki jalan ke daerah desa suka mekar. di karena kan jalanan yang sangat rusak sekali,di ku mohon di perbaiki.terima kasih atas perhatianya

  5. Saya bukan warga Cianjur tapi cinta Cianjur ,sudah beberapa kali saya menjelajahi wilayah selatan Cianjur dengan roda dua baik melalui jalur Pangalengan-Rancabuaya-Cidaun maupun melalui jalur Ciwidey-Naringgul-Cidaun.Rencananya sebelum bulan Rhamadan nanti kalau Alloh mengizinkan akan kembali ke sana dengan teman-teman.Saya terpesona oleh keindahan alamnya.Setelah puas menikmati keindahan alamya pulangnya bisa bawa oleh-oleh gula kawung dan sale pisang yang lezat.Saya yakin kalau jalannya sudah bagus semua akan banyak wisatawan yang berkunjung ke sana,sehingga akan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dan PAD Cianjur.Alamat saya: Kp.Leles, Desa Mekarsari ,Kec.Ciparay, Kab.Bandung.

  6. Mau tanya nich,bagaimana jalan ke Cianjur Selatan melalui jalur Cianjur-Kalapanunggal-Sindangbarang-Cidaun sudah mulus semua dan berapa lama perjalanan dengan roda dua melalui jalur tersebut?

  7. Hatur nuhun kana informasinya cep Taofik.Insya Alloh saya dkk, suatu waktu akan kembali mengunjungi Cianjur Selatan melalui Cianjur-Sindangbarang-Cidaun atau sebaliknya.Mudah-mudahan dengan terpilihnya bupati Cianjur yang baru Cianjur Selatan akan lebih diperhatikan. AMIN.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: