Oleh: taofik muhammad | Januari 16, 2011

Masa Depan Cianjur Selatan, Yang Tertuang Dalam Janji Gubernur [southern promises]

Prilude.com – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan sepertinya sangat paham kalau Jabar Selatan tertinggal jauh dalam segala hal dari Jabar Utara. Hal tersebut diungkapkan oleh pak gubernur saat beliau diwawancarai oleh majalah forbes Indonesia edisi tahun 2010 kemarin.

Saya mencatat beberapa poin penting yang tertulis dalam majalah internasional berbahasa inggris tersebut. Forbes dalam tulisannya yang bertajuk southern promise mencoba untuk menggali apa rencana masa depan gubernur. Pada dasarnya, gubernur menjanjikan selatan dan utara mampu sejajar dari segi pembanguna. Berikut ini adalah rencana dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan untuk pembangunan Jawa Barat selatan, termasuk Cianjur Selatan tentunya.

1. Jalan Trans Jabar Selatan

Dia mengatakan akan meningkatkan kualitas serta lebar jalan trans jabar selatan. Investasinya mencapai 600 triliun rupiah. 500 diantaranya didapat dari Asia Depelovmet Bank dan Pemerintah Amerika. Sedangkan sisanya yang mencapai 100 miliar didapat dari APBD Jawa Barat. Uang dari APBD tersebut diperuntukan bagi pembebasan lahan. Saat ini, status trans Jabar selatan merupakan jalan nasional. Dan setahu saya, jalan nasional lebih terawat daripada jalan provinsi apalagi jalan kabupaten.

Sebetulnya ada satu hal yang sedikit aneh, dalam majalah forbes Gubernur mengatakan akan membangun Highway. Setahu saya sih highway itu jalan tol. He.. Tapi, pasti gak sampai segitunya. Mungkin maksud highway disini adalah jalan yang lebar.

Satu hal yang pasti, dan disampaikan oleh Gubernur, rencana pengembangan jalan tersebut telah membuat harga tanah melambung tinggi. Jika dahulu per meternya hanya 2000 sekarang bisa mencapai 15rb-20rb.

2. Pembangunan Pertanian

Pertanian memang menjadi sumber utama penghasilan masyarakat jabar selatan. Pemprov Jawa Barat berencana untuk meningkatkan pertanian Jawa Barat Selatan melalui peningkatan teknologi pertanian.  Selain itu, lokasi Jawa Barat selatan juga akan dijadikan pusat manufaktur pertanian.

3. Pembangunan
Dari segi pembangunan jelas Jabar Selatan termasuk didalamnya Cianjur Selatan sangatlah tertinggak dari daerah lainnya. Oleh karena itu pemprov jabar berencana untuk membangun pasar tradisional dibeberapa wilayah jabar selatan sehingga bisa menjadi jantu perekonomian. Selain pasar mereka juga menjanjikan untuk membangun rumah sakit, sekolah yang memadai, kantor polisi dan berbagai pusat pelayanan publik lainnya.

4. Eksplorasi Kekayaan Alam
Entah ini berita baik atau berita buruk. Namun berdasarkan tulisan yang dimuat dimajalah forbes, gubernur mengatakan PT. Aneka Tambang merupakan salah satu perusahaan yang siap mengeksplorasi kekayaan Jabar Selatan. Biji besi di Sindang Barang serta titaniun dan emas di daerah Garut siap dikeruk.

Itulah empat poin yang dijanjikan oleh Gubernur Jawa Barat. Satu hal indah yang saya kikutip dari tulisan tersebut adalah, lima tahun kedepan Jawa Barat Selatan harus bisa sejajar dengan Jawa Barat utara.


Responses

  1. Seharusnya gubernur sekali kali jalan-jalan ke sindangbarang, mulai dari pasir hayam, biar dia tau kalau menuju ke sana butuh perjuangan berat. paling2 kapok ke sana lagi, trus balik ke bandung pake helicopter. Jalan di sana tuh hancuuuur lebur, cocoknya jalannya di tanami pisang. gak perlu muluk2 janji pemerintah. cukup buat jalan yang baik, jangan jalan2 ke luar negeri aja, buat jalan yg bener

  2. cag ah urg buktoskeun pak gubernur

  3. Betul sekali dan perlu mendapatkan perhatian serius dari masyarakat Cianjur Selatan, Pesan Moral buat masyarakat kidul tersayang, hati-hati soal perizinan tambang, karena berdampak kepada lingkungan dan ekosistem di lingkungan tersebut, cukup sudah bagaimana bangka belitung hancur karena pasir timahnya, belum lampung yang ditambang pasir besi dan batu besinya, sehingga kawasan tsb hancur dan membutuhkan anggaran dan waktu yang lama untuk memulihkan kembali alamnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: