Oleh: taofik muhammad | September 5, 2011

Empat Ruas Jalan Berpotensi Dongkrak Ekonomi Cianjur Selalatan

Infrastuktur berupa akses jalan merupakan barang langka di Cianjur Selatan. Buruknya komitmen pemerintah untuk mengembangkan jalan raya membuat ekonomi di kawasan ini terus tertinggal dari kawasan lainnya. Padahal, jika saja pemerintah mau serius membangun infrastruktur jalan, banyak potensi ekonomi yang bisa dikembangkan.

Empat dari sekian banyak akses jalan potensial di Cianjur selatan saat ini masih dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Rusaknya jalanan, serta badan jalan yang sempit merupakan hal yang rumlah di Cianjur Selatan. Keempat jalan tersebut sesungguhnya sangatlah potensial jika bisa dikembangkang. Potensial karena mampu membuat jalan pintas ke kota-kota pusat ekonomi di Jawa Barat.

1. Ruas Cianjur – Sindang Barang

Semua orang menyadari bahwa ini adalah urat nadi perekonomian Cianjur Selatan. Namun jalanan sepanjang lebih dari 120KM tersebut tetap dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Ruas jalan masih sempit, dan kondisi jalanan yang jarang dirawat membuat truk-truk besar dan bus besar sulit untuk memasuki wilayah Cianjur Selatan. Tak ayal, kondisi tersebut menyebabkan potensi wisata di pantai selatan tidak berkembang. Ironisnya kondisi jeleknya akses jalan dari pusat pemerintahan ke pantai selatan Jawa Barat hanya ditemukan di Cianjur. Kabupaten-kabupaten lain di Jawa Barat telah memiliki akses jalan yang cukup luas untuk dilalui mobil-mobil ukuran besar.

2. Ruas Sukabumi-Sukanagara-Bandung

Jalanan yang menghubungkan bandung – sukabumi via sukanagara tersebut dipastikan mampu melambungkan kegiatan ekonomi warga. Jika seandainya jalannya sudah layak pakai (lebar, dan bagus) maka warga Cianjur Selatan akan semakin dekat untuk memasarkan produk hasil buminya. Bandung, merupakan pasar potensial bagi pemasaran industri di wilayah Cianjur Selatan,dan akses jalan ke Sukabumi mampu memudahkan koneksi angkutan ke Jabodetabek.

3. Bandung – Naringgul – Cidaun

Pada masa liburan lebaran, pantai selatan Cianjur dipenuhi oleh wisatawan. Namun sayangnya, kabupaten kita tidak lebih menarik dari Kabupaten Garut. Saya bisa mengatakan hal tersebut karena saya menyaksikan sendiri wisatawan yang berkunjung ke pantai santolo lebih banyak daripada pantai Jayanti. Jangan bandingkan Jayanti dengan pelabuhan ratu, itu kelasnya sudah sangat berbeda🙂. Salah satu permasalahan yang membelenggu tidak berkembangnya pantai selatan adalah akses jalan. Orang2 dari daerah Bandung kebanyakan lebih memilih berwisata di Garut karena akses jalan yang lebih mumpuni. Perlu anda tahu, ke pantai Santolo Garut, bis-bis besar sudah berani masuk. Sedangkan ke Jayanti, bus kecil aja sudah malas.

Maka dari itu, akses jalan dari Bandung ke Cidaun via naringgul mutlak di perlukan. Sekali lagi, Bandung merupakan pasar yang sangat potensial untuk wisata bahari. Jika seandainya pemerintah pintar mengambil peluang, sudah sepantasnya jalan tersebut diperlebar.

4. Ruas Sindang Barang – Cikadu – Bandung

Terakhir adalah ruas jalan dari Sindang Barang ke Bandung lewat Cikadu. Sindang barang telah menjadi pusat kegiatan ekonomi di pantai selatan Cianjur. Perlu penataan yang baik dan pembangunan infrastruktur yang memadai agar Sidang Barang bisa berkembang lebih pesat. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membangun jalan yang menghubungkan sindang barang – bandung lebih dekat.

Itu lah ruas2 jalan d Cianjur Selatan yang berpotensi untuk mengembangkan ekonomi di kawasan Selatan. Pada dasarnya bukan hal yang sulit bagi pemerintah untuk melakukan hal tersebut. Mereka hanya butuh otak dengan kapasitas yang lebih besar, hati nurani, semangat membangun, dan nyali yang besar untuk melawa setan-setan yang selalu mendorong mereka melakukan korupsi pada proyek-proyek besar.


Responses

  1. Kalau cuma ke empat jalan itu yang diperbagus, akan ada beberapa daerah di cianjur selatan yang tetap akan menjadi daerah yang menyerupai daerah terisolir, yaitu daerah sebelah barat jalur cianjur-sindang barang, dan ada di sebelah selatan jalur takokak-sukanegara-bandung, (daerah selatan barat daya kab. cianjur seperti agrabinta, kadupandak, cijati dll.). Untuk memajukan daerah-daerah itu perlu juga diberdayakan jalur pangalengan-tanggeung-kadupandak-cijati-sagaranten-jampangkulon-pelabuhan ratu, dan jalur sindangbarang-agrabinta-surade-pelabuhan ratu, jadi semua daerah bisa diapit oleh jalur utama sehingga masyarakat bisa akses ke semua tempat di cianjur. Nuhun sudah memperhatikan daerah Cianjur selatan.

  2. http://husnawalahir.blogspot.com/ salam kenall

  3. sekarang cianjur selatan sudah bagus,sebaiknya pemerintah jabar atau pemerintah pusat bisa menjadikan jalur alternatif untuk mudik lewat jalur selatan,,lebih dekat

  4. setuju pisan, akses jalan ke cianjur selatan di perbaiki. saya tinggal di jkrt tapi mudik ke cianjur (kotanya). suka travelling, ada beberapa spot di arah selatan yang pengen di datengin tapi selalu di cancel/ditunbda krn lebih milih ke Garut dulu dkk-nya krn males kalo inget akses jalannya yg rawan longsor.

  5. Entah Kapan Jalan ke selatan khususnya Via Bandung – Cikadu – sindangbarang diperbaiki, SEKARANG AJA RUSAKNYA SEPERTI SUNGAI … kayanya kiamat duluan sebelum jalan ini bagus…..HADEUH KACAULAH.

  6. gak da kmauan dari pihak terkait/pemda, kbanyakan mikirin kesenangan sendiri………., apalagi jalanjalan kabupaten yang mempertemukan antar kecamatan kadupandak tanggeung jalur tengah blm tersentuh sama sekali dari pas mulai AMD tahun jebit sampe sekarang kondisi ancur…………….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: